Senin, 29 Desember 2014

Tutorial Membuat Objek Meja Makan pada BLENDER

Diposting oleh meydhiwiratama di 04.05 2 komentar
1.    Pertama-tama bukalah software blender yang telah terinstal pada laptop atau komputer.
Dibawah ini adalah tampilan awal pada saat blender di buka.
 

 


2.    Sebelum membuat objek kursi dan meja pada tampilan awal blender tersebut terdapat 2 objek yang tidak terpakai pada saat pembuatan kursi dan meja ini. Supaya mempermudah membuat kursi tanpa adanya ke 2 objek tersebut, maka objek tersebut dihilangkan dengan cara klik kanan pada mouse lalu shift + klik kanan pada objek berikutnya dan shift + M dan pilih layer mana saja yg digunakan untuk menempatkan objek tersebut. Seperti gambar dibawah ini :


 





Untuk mengolah objek yang kita buat di dalam blender ubahlah object mode menjadi edit mode

 



 Berikut ini adalah shortcut tombol yang ada pada blender:
Control mouse pada Blender:
Klik kiri           : Menempatkan crosshair, konfirmasi perubahan
Klik kanan     : Memilih objek aktif
Klik tengah    : Merakan kamera
Scroll mouse : Mengaturan zoom
Shortcut key dalam blender :
G – Translate            : Menggeser objek
S – Scale                   : Merubah ukuran objek
R – rotate                   : Memutar objek
            GSR dengan objek aktif
                        X         : Constrain Axis X
                        Y         : Constrain Axis Y
                        Z          : Constrain Axis Z
Shift,Ctrl,Alt               : Tombol kombinasi fungsi
Shift+A                       : Tambah objek baru
X                                 : Hapus objek
Shift+D                      : Duplikasi objek
Kontrol kamera melalui numpad keyboard :
0             : Camera view
1             : Front view
3             : Right view
7             : Top view
2,4,6,8: Move camera
4          : Toggle perspective/orthogonal

Dan jika ingin mengaktifkan numpad keyboard pada blender. Pertama-tama klik Ctrl + Alt + U atau User Preferences lalu klik input dan ceklist numpad keyboard, seperti gambar dibawah ini :



Tahap ini dimulai dengan membuat meja. Meja dibuat dengan cara memipihkan kubus yang sudah tersedia lalu menambahkan 4 garis baru agar bisa membentuk kaki meja.

Pilih sisi bawah kubus dengan mengaktifkan pemilihan sisi yang dilingkari merah. Jika sisi bawah dari kubus sudah terpilih, tarik panah biru keatas. Maka kubus tersebut akan menipis.
Lalu pindahkan kamera kesisi bawah kubus, lalu tekan Ctrl+r. Ketika garis ungu terlihat diatas kubus atur posisi vertical dan horizontalnya.  Lalu klik kiri dan geser posisi garis baru. Lakukkan hal yang sama pada 3 sisi selanjutnya.
Setelah itu, seleksi kotak yang ada di tiap sudut kubus bagian bawah. Tekan E lalu geser mouse sehingga kotak - kotak tersebut akan tertarik kebawah membentuk kaki meja.

Untuk objek selanjutnya membuat 4 kursi dan supaya lebuh memudahkan membuat kursi tersebut di layer baru. Dan sama seperti pembuatan meja, untuk menambahkan objek dengan cara menekan Shift + A lalu pilih Mesh dan klik Cube, seperti gambar dibawah ini :



Lalu menggunakan teknik yang sama untuk membuat kursi
Untuk menggeserkan kursi ketempat yang diinginkan, bias dengan menyeleksi semua objek bangku dan klik kanan. Lalu geserlah bangku sesuka hati, setelah posisinya dianggap tepat. Cukup membuat 1 kursi saha sedangkan untuk menambahkan 3 kursi lainya dengan cara menekan Shift + D.

Dibawah ini adalah gambar objek bangkunya.


Di dalam meja makan tersebut terdapat 1 buah objek asbak dan cara pembuatannya dengan cara membuat cube lalu tekan s untuk mengecilkan objeknya dan menghapus bagian atas pada objek .



Selanjutnya akan diberikan pewarnaan pada kursi dan meja dengan mengatur tekstur dari objek yang telah dibuat. Klik pada tab Material pada toolbar di sebelah kanan layar untuk memberi warna pada material, pilihlah diffuse color untuk memberi warna pada objek.
Untuk menambahkan warna berbeda dalam suatu permukaan, buatlah material baru dengan klik pada tanda + dalam toolbar material. Pilih nama material.001 yang baru terbentuk, lalu klik pada tanda + di bawahnya, lalu pilih diffuse colornya.Untuk mewarnai bidang yang berbeda, pilihlah bidang yang ingin diwarnai dengan klik kanan, lalu klik assign pada toolbar material.
 Gambarnya seperti dibawah ini :



Dan jika ingin mengabungkan ketiga layer dengan cara Shift + pilih layer mana yang akan dipakai. Dibawah ini adalah hasil dari objek yang sudah dibuat tadi. lalu untuk merendernya tekan F12. seperti gambar dibawah ini jika sudah di render.


 

Selamat Datang Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei