Rabu, 11 Mei 2016

Parallel Computing

Diposting oleh meydhiwiratama di 06.18
Nah kemaren kan udah ane jelasin nih mengenai cloud comptuing, sekarang ane mau jelasin tentang apa si Parallel Computing? Atau dalam bahasa indonesianya Komputasi Parallel. Parallel Computing / Komputasi Paralel adalah sebuah teknik untuk melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaaatkan komputer secara bersamaan.
Tujuan utama dari Parallel computing / Komputasi Parallel adalah untuk meningkatkan performa komputas. Kalau keuntungan utama parallel computing adalah program dapat melakukan eksekusi secara lebih cepat. Jika hardware komputer yang mengeksekusi sebuah program yang menggunakan parallel computing memiliki arsitekturnya, seperti pada processor (CPU / Central Processing Unit)parallel computing dapat menjadi sebuah teknik yang efisien.
Salah satu jenis penggunaan komputasi paralel adalah PVM (Parallel Virtual Machine). PVM merupakan sebuah perangkat lunak yang mampu mensimulasikan pemrosesan paralel pada jaringan. Parallel processing berbeda dengan multitasking, yaitu satu CPU mengeksekusi beberapa program sekaligus. Parallel processing disebut juga parallel computing.
Pada system komputasi parallel terdiri dari beberapa unit prosesor dan beberapa unit memori. Ada dua teknik yang berbeda untuk mengakses data di unit memori, yaitu shared memory address dan message passing. Berdasarkan cara mengorganisasikan memori ini computer parallel dibedakan menjadi shared memory parallel machine dan distributed memory parallel machine.

 Sumber :
  • http://jonathan-boanerges.blogspot.co.id/2013/06/parallel-programming-parallel-computing.html
  • http://nazaruddin.blog.unigha.ac.id/2013/08/24/pengertian-komputasi-paralel/
  • https://andri102.wordpress.com/game/soft-skill/konsep-komputasi-parallel-processing/


0 komentar:

Posting Komentar

 

Selamat Datang Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei