Selasa, 25 Agustus 2015

Yagami Matches

Diposting oleh meydhiwiratama di 02.23

Nama : Maydhi Wiratamara N
Kelas : 3IA05
NPM : 54412503
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game 

Initial State

A.    Bahasa Pemrograman dan Program Editor

Permainan “Yagami Matches” ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman prolog. Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau non-prosedural. Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih - alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer. Program editor yang digunakan adalah Strawberry Prolog karena program editor ini mudah untuk digunakan dan mudah untuk diimplementasikan AI secara sederhana. Strawberry Prolog dihasilkan oleh Institut Informatika dan Matematika pada Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria. Versi pertama dirilis pada tahun 1996. Pemimpin dari tim Strawberry Prolog adalah Dimiter Dobrev.
B.     Tampilan Pada Game
Pada game “Yagami Matches” ini terdapat 2 tampilan window yaitu tampilan loading, tampilan awal permainan atau tampilan utama.
1.      Tampilan Loading

Gambar  1. Tampilan Loading

Pada tampilan loading ini adalah tampilan sebelum masuk ke tampilan awal permainan atau tampilan utama. Pada tampilan window ini terdapat splash screen yang memakai timer 5 detik.

2.      Tampilan Awal Permainan


Gambar  2. Tampilan Awal Permainan

Pada tampilan awal permainan, terdapat 4 buah tombol. Fungsi dari 4 tombol tersebut yaitu :
a.       Start                 : memulai permainan
b.      How To Play   : mengetahui cara bermain
c.       About               : mengetahui identitas developer
d.      Exit                  : keluar dari permainan

a.       Start           


Gambar  3. Button Start

Tampilan setelah kita menekan tombol Start pada menu awal adalah sebuah layout kosong tanpa icon L chibi. adapun window yang muncul hanya sebuah background beserta menu bar yang terdiri dari New game, Help, dan Exit.
New game merupakan menu dimana kita ingin memulai untuk bermain chicken matches ini,dan jika kita mengklik menu new game ini akan tampil 19 icon L chibi  yang tersusun dari 6 pos secara horizontal dan disertai timer selama 15 detik yang terletak di pojok kanan atas. Berikut ini tampilan dari menu new game :


Gambar  4. Menu New Game

Help merupakan sebuah menu pertolongan ketika kita ingin mengetahui strategi untuk memenangkan game Yagami Matches ini. Menu Help ini akan muncul pesan dari window permainan. Berikut ini tampilan dari menu Help :


Gambar  5. Menu Help

Exit merupakan sebuah menu yang digunakan jika kita ingin keluar dari game tersebut atau ingin mengakhiri bermain game yagami matches ini. Jika menu ini di klik, akan muncul suara dengan tipe wav yang berbunyi goodbye, lalu akan muncul sebuah message dialog yang bertuliskan ‘Thank you for playing this game .n_n.’. Setelah itu akan muncul sebuah message yang bertuliskan ‘ are you sure you want to exit ? ‘. Berikut ini tampilan dari menu Exit :

Gambar  6. Menu Exit

b.       How to play
Merupakan button yang berfungsi untuk menjelaskan langkah cara bermain game Yagami Matches ini dan jika kita mengklik button ini akan keluar sebuah window yang berisi instruksi-instruksi cara permainan. Dalam window ini, terdapat sebuah button back yang terletak di pojok kiri bawah yang berfungsi untuk kembali ke window utama. Berikut ini tampilan dari button How to Play :

Gambar  7. Button How To Play
a.       About
Merupakan button yang berfungsi untuk menampilkan data diri dari pengedit game ini. Saat mengklik button about akan muncul sebuah window. Pada window tersebut terdapat foto dari pengedit, teks-teks yang menjelaskan profil pengedit, serta logo gunadarma di akhir window. Berikut ini tampilan dari button about :


Gambar 8. Button About

c.       Exit
Merupakan button yang digunakan untuk keluar dari game Yagami Matches.

Rule (Aturan)

Keadaan permasalahan permainan ini dapat dilambangkan dengan 7 kolom icon L chibi dengan susunan baris yang berbeda. Pemain terdiri dari user dan komputer (AI).
Aturan permainan :
  1. Permainan ini dimainkan oleh 2 pemain, yaitu user dan komputer(AI).
  2. Yang mendapat giliran pertama untuk memulai permainan adalah user
  3. Pemain bergantian mengeliminasi strawberry pada setiap kolom hingga habis.
  4. Jika menjadi pengambil icon L chibi terakhir maka pemain tersebut dinyatakan kalah.

Goal (Tujuan)

A.    Tampilan Saat Menang 


Gambar 9. User memenangkan game Yagami Matches

B.    Tampilan Saat Kalah


Gambar 10. Ketika user kalah 

C.       Tampilan Waktu Habis


Gambar 11. Ketika waktu habis

1 komentar:

Unknown on 10 Oktober 2015 pukul 03.11 mengatakan...

kereen aplikasinya. terus berkarya yaa. :-)

Salam kenal :-)
Jasa Konsultan dan Sertifikasi ISO
www.globalkonsultan.com

Posting Komentar

 

Selamat Datang Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei