WIRAUSAHA MELAKUKAN PERENCANAAN DAN PEREKRUTAN
Sumber Daya Manusia diperlukan untuk meningkatkan
efektivitas sumber daya manusia dalam organisasi. Tujuannya adalah memberikan
kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Sumber daya
manusia adalah suatu
proses menangani berbagai
masalah pada ruang lingkup
karyawan, pegawai, buruh, manajer
dan tenaga kerja
lainnya untuk dapat menunjang aktivitas
organisasi atau perusahaan
demi mencapai tujuan
yang telah ditentukan.
Bagian atau unit
yang biasanya mengurusi
sumber daya manusia departemen sumber daya manusia atau
dalam bahasa inggris
disebut HRD atau human resource department.
Pengertian Wirausaha
Wirausaha adalah dimana orang yang siap mengambil resiko
dengan jalan membeli barang saat ini kemudian menjualnya kembali dengan harga
yang tidak sama pada saat membeli barang pada awal membeli.
Sumber Daya Manusia memiliki beberapa pengertian menurut
para ahli, diantaranya :
- Sonny Sumarsono (2003, h 4),Menurut Sonny Sumber Daya Manusia atau human recources mengandung dua pengertian.Pertama, adalah usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi. Dalam hal lain SDM mencerminkan kualitas usaha yang diberikan oleh seseorang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan barang dan jasa.Kedua, SDM menyangkut manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja tersebut. Mampu bekerja berarti mampu melakukan kegiatan yang mempunyai kegiatan ekonomis, yaitu bahwa kegiatan tersebut menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau masyarakat.
- Mary Parker Follett
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. - Mathis dan Jackson (2006, h.3) SDM Adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.
- Menata
Memiliki kemampuan untuk menata diri dan juga orang lain. - Akurat
Memiliki keakuratan sehingga dapat menjalani bisnis dengan lancar - Tujuan Setiap jiwa tentu memiliki tujuan tertentu. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, dia pun mesti menancapkan tujuan dengan jelas dan dibarengi dengan sebuah tindakan nyata.
- Berani
Berani bersikap, berani bertanggung jawab, dan berani menerabas segala risiko. - Efektif
Berpikir dan bertindaklah secara efektif. Orang yang berbuat dengan satu pemikiran yang kuat akan berhasil. - Konsisten
Dunia bisnis penuh dengan gejolak, namun Anda perlu konsisten dengan passion bisnis yang Anda pilih. Meski terkadang pasang surut alias fluktuatif, tapi Anda tetap bertahan dengan “passion” Anda tersebut dan tidak mudah dipengaruhi atau terombang ambing orang lain. - Cepat
Cepat mengambil keputusan, lugas dan trengginas.
Proses-proses
yang terdapat di sistem Manajemen Perekrutan mulai dari perencanaan kebutuhan
tenaga kerja hingga penerimaan karyawan baru adalah sebagai berikut :
- Alur Proses Manajemen PerekrutanProses bisnis Manajemen Perekrutan menjelaskan mengenai proses pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, mulai dari perencanaan kebutuhan tenaga kerja (man power planning), pendataan dan penyeleksian pelamar hingga penempatan kandidat tersebut ke unit yang membutuhkan.
- Pendataan pelamar meliputi :Data pelamar (personal data)Data aplikasi (application data)Data tambahan/additionalData (pendidikan/education, riwayat pekerjaan/work experiences, kualifikasi/qualification, dan lain-lain)Hingga penilaian (appraisal) pelamar.
- Proses-proses dalam recruitment management terdiri atas:• Perencanaan kebutuhan tenaga kerja untuk suatu periode tertentu.• Pembuatan lowongan kerja.• Seleksi pelamar eksternal.• Perpanjangan kontrak karyawan subkontrak dan karyawan percobaan.• Seleksi pelamar internal.
- Menerima pegawai atai karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mempersolid waktu dan kinerja para pegawai
0 komentar:
Posting Komentar