Selasa, 12 April 2016

Cloud Computing Virtualisasi

Diposting oleh meydhiwiratama di 10.46
Pada zaman sekarang ini sering terdengar istilah dengan cloud computing dan virtualisasi. Kata cloud computing dan virtualisasi itu tidak asing lagi di telinga dan apalagi dalam dunia teknologi. Kali ini ane akan menjelaskan mengenai cloud computing dan virtualisasi yang marak di perbincangkan. Nah untuk yang tidak tau cloud computing dan virtualisasi itu apa, stay tune yaaa. Hehehe

Cloud computing dalam bahasa Indonesia adalah komputasi awan yang berarti suatus system komputerisasi yang berbasis jaringan/internet dimana suatu informasi dan aplikasi disediakan untuk digunakan oleh komputer lain yang membutuhkan. Contoh dari cloud computing adalah dropbox, google drive atau semua software yang meyimpan datanya pada internet jadi tidak memerlukan memory pada hardware yang tersedia. Salah satu kelebihan dari cloud computing adalah lebih paktis dalam menyimpan suatu data, jadi kita tidak perlu membawa-bawa memory card atau harddisk untuk menyimpan data. Nah kekurangannya ini adalah kita harus selalu conect ke internet jika ingin mengambil dan menambah data. dan juga harus ada pulsa internetnya dong kalo internet ada tapi ga ada kuota internetnya sama aja boong gan. Hahahaha gapapa lah ya becanda dikit dari pada bosen.

Kalo sekarang ane ngebahas tentang virtualisasinya nih,virtualisasi dalam bahasa Indonesia sendiri adalah membuat sesuatu menjadi nyata. Nah, kalo dalam dunia teknologi, virtualisasi bisa di artikan suatu bentuk simulasi dari suatu yang awalnya bersifat fisik. Contohnya : dalam suatu laptop memiliki dua system operasi, atau yang lain bisa  seperti virtual box pada windows.

Virtualisasi dan komputasi cloud saling terkait, namun bukanlah hal yang sama. Kedua hal tersebut merupakan cara untuk mengurangi biaya infrastruktur dengan mengoptimalkan penggunaan sebagian besar sumber daya komputasi. Komputasi cloud memungkinkan seluruh layanan atau aplikasi berjalan di jaringan komputer terdistribusi. Layanan cloud publik dapat berupa layanan langganan seperti email berbasis web atau Office 365, atau layanan komunikasi online seperti Skype atau Lync. Sebaliknya, cloud pribadi menawarkan layanan yang dapat disesuaikan di server perusahaan Anda atau server penyedia solusi TI. Solusi cloud hibrid menggunakan aspek cloud publik dan pribadi. Dalam semua kasus, layanan cloud sepertinya disediakan oleh perangkat keras server nyata, namun sebenarnya disediakan oleh perangkat keras virtual. Virtualisasi merupakan komponen penting pada komputasi cloud, namun bahkan secara terpisah, virtualisasi dapat bermanfaat untuk perusahaan berbagai skala.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Selamat Datang Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei